Book Review: Our Iceberg Is Melting

warning: Missing argument 2 for archive_help() in /home/aurw5858/public_html/modules/archive/archive.module on line 7.

By John Kotter & Holdger Rathgeber
Buku ini menarik. Kenapa?
Karena John Kotter melalui buku ini sebenarnya mengajarkan 8 Langkah untuk melakukan perubahan tapi cara dia ngajarinnya itu loh.. lewat sebuah dongeng!!!
Dongeng tentang sekumpulan penguin yang hidup nyaman di atas sebuah gunung es dimana pada suatu hari..ada seekor Penguin yang bernama Fred..seekor yang suka observe dan sangat ingin mengetahui segala hal .. yang menemukan bahwa ternyata gunung es yang mereka tinggali ini sangat rawan..bentar lagi mau hancur atau mencair karena adanya retakan di bawah..di dalam gunung es..tempat yang gak kelihatan oleh ekor kebanyakan.
Bisa dibayangin dong? Ketika Fred memberitahukan penemuannya..tidak ada satupun teman-teman Penguinnya yang percaya..
Disitulah pelajaran 8 langkahnya dimulai :) :)
Dari mikirin kira-kira mau ngasih tau siapa dulu ya? Must be orang yang bisa kita percaya..atau setidaknya paling berpikiran terbuka dan bisa menempatkan diri dari berbagai posisi ^_* dan definitely harus orang yang cukup diwaro (isitilahnya apa ya..dianggep lah) sama orang2 kebanyakan klo perubahan yang mau dilakukan itu menyangkut banyak orang..supaya at least..didengar dulu oleh orang lain
Trus gimana cara menyampaikannya? Apakah butuh data-data pendukung? Contoh? Praktek? Ilustrasi? Klo perlu pakai sandiwara?
Trus klo orang-orang dah tau.. gimana ngatasin reaksi orang-orang tsb? Gimana kalau reaksinya negative?
Gimana supaya perubahan yang mau kita lakukan menjadi mindset orang lain sehingga mereka juga mau bertindak.. dst..
Pelajaran lain yang ingin disampaikan Mr. John Kotter adalah: bahwa dongeng bisa menjadi hal menyenangkan dan punya kekuatan untuk membantu kita menghasilkan, mencapai sukses, menurunkan ketegangan, dan bisa menjadi fasilitator agar apa yang ingin kita sampaikan lebih mudah dipahami oleh orang lain.
Kalau mau ditarik lagi.. gak hanya lewat dongeng juga kan? Bisa lewat music.. film.. teater.. atau kegiatan-kegiatan lain.
Yang terakhr, buku ini enak banget dibaca..karena tulisannya gede-gede dan banyak gambarnya... gw banget deh klo milih buku :P